Senin, 09 Januari 2012

kutipan

NAMA: INDAH YULIANI/ 115110700111022

a. Kutipan Langsung/ Ringkas Kurang dari 40 Kata:

Alfianto (2006) menyatakan “pendidikan bahasa Indonesia merupakan salah satu aspek penting yang perlu diajarkan kepada para siswa di sekolah”.

b. Kutipan Langsung/ Ringkas 40 Kata atau Lebih:

Alfianto (2006) memberikan penjelasan ilustrasi dari pola pengajaran pada uraian berikut ini.

Saya melihat adanya kelemahan-kelemahan dalam pengajaran bahasa Indonesia di sekolah. KBM belum sepenuhnya menekankan pada kemampuan berbahasa, namun lebih pada penguasaan materi. Hal ini terlihat dari porsi materi yang tercantum dalam buku paket lebih banyak diberikan dan diutamakan oleh para guru bahasa Indonesia. Sedangkan pelatihan berbahasa yang sifatnya lisan ataupun praktek hanya memiliki porsi yang jauh lebih sedikit. Padahal kemampuan berbahasa tidak didasarkan atas penguasaan materi bahasa saja, tetapi juga perlu latihan dalam praktek kehidupan sehari-hari.

c. Kutipan Panjang dengan Sebagian Kalimat Dihilangkan

“Dalam penelitiannya tentang kesiapan guru bahasa Indonesia, menemukan bahwa kemampuan mereka masih kurang. ... . Guru bahasa Indonesia juga harus memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa yang langsung berhubungan dengan aspek pembelajaran menulis, kosakata, berbicara, membaca, dan kebahasaan. Rupanya guru juga harus selalu melakukan refleksi agar tujuan bersama dalam berbahasa Indonesia dapat tercapai” (Sarwiji, 1996).

d. Kutipan Tidak Langsung

Achmad (2009) menyatakan kekurangan guru sungguh sebuah realitas potret pendidikan Indonesia yang sangat menyedihkan. Di pihak lain, guru sebagai tenaga profesional di bidang ini justru jumlahnya semakin langka dan makin banyak orang yang tidak berminat untuk menjadi seorang guru.

Daftar Rujukan:

Achmad. 2009. Indonesia Kekurangan Guru, (Online), (http://re-searchengines.com/0106achmad.html), diakses pada 20 Desember 2011.

Alfianto, A. 2006. Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Metamorfosis Ulat Menjadi Kepompong, (Online), (http://re-searchengines.com/artsyanti.html), diakses pada 20 Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar