Senin, 09 Januari 2012

kerangka karangan

CARA UNTUK TERHINDAR DARI SAKIT GIGI

Kerangka karangan:

· Pengertian sakit gigi

· Akibat yang disebabkan karena tidak merawat gigi

· Penyebab sakit gigi

· Cara mencegan sekaligus terhindar dari sakit gigi

Sakit gigi merupakan rasa nyeri, ngilu, dan sakit pada gigi yang mengalami kerusakan. Baik berupa retakan, patahan maupun lubang pada gigi. Pada gigi yang berlubang, sebaiknya langsung di tembel karena jika dibiarkan lubang akan semakin melebar dan sakit, tapi jika lubang terlalu lebar maka sebaiknya di cabut untuk menghindari terjadinya infeksi. Dan jika dibiarkan akan menjadi sarang kuman dan bakteri dalam mulut sehingga akan berdampak pada kesehatan rongga mulut. Lobang maupun retakan pada gigi disebabkan oleh kebiasaan makan dan cara merawat gigi. Kebiasaan makan makanan seperti coklat, permen, kopi, teh, makan dingin maupun panas dan juga rokok akan mempengaruhi kualitas gigi seseorang, karena jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan beredampak negatif dan menimbulkan kerusakan pada gigi, gigi pun akan berwarna kuning dan mudah retak.

Perawatan yang kurang maksimal dan kurangnya pengetahuan tentang cara merawat gigi yang baik, membuat sebagian masyarakat kurang memperhatikan kesehatan gigi dan mulut mereka. Yang disertai dengan pola makan yang buruk membuat semakin parahnya kualitas gigi seseorang. Menggosok gigi dua kali sehari terutama malam sebelum tidur adalah cara merawat gigi yang baik. Dilakukan malam sebelum tidur karena saat malam gigi berhenti bekerja dan saat itu kuman-kuman akan leluasa untuk merusak gigi dan pada keesokan harinya mulut akan terasa bau.

Selain rutin menggosok gigi setiap hari kegiatan memeriksakan gigi setiap enam bulan sekali dan menjaga pola serta mengkonsumsi jenis makanan yang baik dan aman untuk gigi sekaligus tubuh, merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk mencegah dan sekaligus terhindar dari sakit gigi. Sehingga gigi akan menjadi bersih dan sehat dan terbebas dari berbagai bahaya penyakit yang mengancam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar